Tips Merawat Lemari Kayu Agar Tahan Lama

 

Alitahome-Lemari merupakan salah satu furniture penting untuk melengkapi interior rumah. Hingga saat ini, lemari berbahan kayu masih sangat diminati karena terbilang tahan lama dan desainnya elegant. Proses merawat lemari kayu sebenarnya juga tidak sulit asalkan Anda melakukannya secara cermat.

Apabila lemari kayu rusak bukan hanya membuat Anda harus membeli yang baru, melainkan juga rentan merusak barang-barang yang Anda simpan di lemari tersebut. Untuk itu, sebaiknya Anda merawat lemari kayu dengan beberapa tips mudah ini agar selalu menjaga daya tahannya.

Jangan Malas Bongkar Isi Lemari

Banyak orang malas membongkar isi lemari kayu karena terlalu sibuk. Padahal, membongkar lemari kayu penting agar Anda bisa memeriksa isinya secara teratur. Anda bisa segera membersihkan lemari yang lembap dan mulai berjamur. Jangan gunakan lemari yang lembap untuk menyimpan barang-barang karena hal tersebut akan semakin merusak lemari.

Jauhkan Lemari dari Tembok

    Biasanya lemari diletakkan menempel dengan tembok, terutama bila ukuran rumah Anda mungil. Meletakkan lemari berdekatan dengan tembok dianggap efektif menghemat ruang. Sebenarnya, hal sepele ini justru membuat lemari rentan lembap dan berjamur.

Hindari Koran untuk Alas Lemari

Salah satu kebiasaan yang dilakukan banyak orang saat menggunakan lemari kayu adalah memakai koran sebagai alas lemari. Kebiasaan ini ternyata patut dihindari. Karena material kertas koran bisa menjadi sumber makanan terbaik untuk jamur, tungau, dan kutu. Lemari kayu Anda jadi lebih rentan lembap dan berjamur akibat alas kertas koran. Anda hanya perlu membersihkan lemari sampai tuntas sebelum menggunakannya untuk menyimpan pakaian, pajangan, atau benda-benda lainnya.

Keringkan Isi Lemari

Tak banyak orang yang tahu bahwa hair dryer bisa dimanfaatkan untuk merawat lemari kayu. Anda dapat mengeringkan seisi lemari dengan hair dryer sehingga lemari tersebut bebas lembap dan mikroorganisme perusak. Diamkan lemari yang sudah dikeringkan dengan hair dryer selama beberapa saat agar temperaturnya kembali normal sebelum diisi barang-barang. Lakukan proses pengeringan dengan hair dryer secara teratur untuk memperoleh hasil terbaik.

Bersihkan Lemari dengan Lap Kering

Bagian luar dan dalam lemari yang kotor harus dibersihkan secara seksama dengan lap kering. Hal ini agar debu dan kotoran yang menempel bisa disingkirkan sampai tuntas. Jangan menggunakan lap basah karena kandungan air justru rentan menyebabkan pertumbuhan jamur pada lemari kayu.

 

Lapisi Lemari dengan Cairan Polish

Bagian luar lemari kayu juga harus dirawat secara seksama agar kualitas kayunya tetap terjaga dan kelihatan menarik.Karena cairan tersebut akan menonjolkan kilau alami lemari kayu dan membuat kayu jadi lebih tahan terhadap serangan rayap.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *