Taman diatas Atap (Rooftop)

Taman diatas Atap (Rooftop) biasanya memang terletak dibagian atas bangunan yang biasa bagian atapnya sudah di dak dari awal proses bangun rumah. Rooftop ini juga biasanya disesuaikan dengan kekuatan maupun kekokohan struktur dari bangunan. Apakah memungkinkan untuk membangun rooftop diatas bangunan yang tentunya akan menambah beban berlebih.

Dengan membangun taman diatas atap (rooftop) tetap bisa memiliki ruang terbuka hijau, karena ada efesiensi ruang. Taman diatas atap merupakan salah satu alternatif penghijauan untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan di lingkungan tempat kamu tinggal.

Sistem pembuatan taman diatas atap ini tentunya tidak mudah dan tidak murah pula, memerlukan budget yang cukup banyak untuk mendesain rooftop yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu. Diatas tadi sudah sekilas menjabarkan mengenai struktur yang pas agar penggunaan rooftop lebih optimal.

Image result for rooftop rumah

Cara membangun Taman Diatas Atap

Sebelum membuat tanaman diatas atap kamu harus memperhatiakn struktur bangunan dan struktur atap kamu. Apakah mampu untuk menahan beban orang sedang berljalan, yang biasa disebut dengan gaya statis maupun dinamis. Selanjutnya kamu juga dapat memilih tanaman-tanaman yang lebih ramah lingkungan dan perawatan yang lebih mudah juga tentunya.

Perawatan yang lebih mudah disini maksudnya agar tanaman lebih terbebas dari hama tanaman yang nantinya akan merusak tanaman itu sendiri. Pilih beberapa jenis rumput yang lebih indah dipandang mata, jenis bunga maupun tanaman-tanaman lainnya yang nantinya akan terkesan indah dipandang oleh mata.

Untuk media tanam, formulanya harus ringan namun memiliki kemampuan menyediakan zat hara dan kelembapan. Misalnya, dengan mencampurkan pasir dengan serutan kayu ditambah laposan kulit pinus serta pupuk.

Untuk mecegah kerusakan lapisan diatas atap, lapisan diatas harus ditambah agar akar tanaman tidak merusak lapisan kedap air dan beton di bawahnya

Karena tanaman diatas terkena sinar matahari secara langsung dan tiupan angin juga tak tentu arahnya dan kekuatan anginnya juga kencang Maka hal yang harus dilakukan adalah menyiram tanaman secara berkala, kamu dapat meniram tanaman diatas atap dengan cara manual maupun atomatis dengan menggunakan alat yang dapat disesuaikan waktu penyiramannya, sebaiknya tanaman-tanaman tersebut di siram setiap pagi hari, dan sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *