Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami adalah sumber pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Sinar alami mempunyai banyak keuntungan, selain menghemat energi listrik juga dapat membunuh kuman. Untuk mendapatkan pencahayaan alami pada suatu ruang diperlukan jendela-jendela yang besar ataupun dinding kaca sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai.

Sumber pencahayaan alami kadang dirasa kurang efektif dibanding dengan penggunaan pencahayaan buatan, selain karena intensitas cahaya yang tidak tetap, sumber alami menghasilkan panas terutama saat siang hari. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan agar penggunaan sinar alami mendapat keuntungan, yaitu:

  1. Variasi intensitas cahaya matahari.
  2. Distribusi dari terangnya cahaya.
  3. Efek dari lokasi, pemantulan cahaya.
  4. Letak geografis dan kegunaan bangunan gedung.

Tujuan digunakannya pencahayaan alami yaitu untuk menghasilkan cahaya berkualitas yang efisien serta meminimalkan silau dan berlebihnya rasio tingkat terang. Selain itu cahaya alami dalam sebuah bangunan juga dapat memberikan suasana yang lebih menyenangkan dan membawa efek positif lainnya dalam psikologi manusi.

Agar dapat menggunakan cahaya alami secara efektif, perlu dikenali ke beberapa sumber cahaya utama yang dapat dimanfaatkan :

  1. Sunlight, cahaya matahari langsung dan tingkat cahayanya tinggi.
  2. Daylight, cahaya matahari yang sudah tersebar dilangit dan tingkat cahayanya

Image result for 1. Sunlight, cahaya matahari langsung dan tingkat cahayanya tinggi.

  1. Reflected light, cahaya matahari yang sudah dipantulkan.

Image result for 1. Sunlight, cahaya matahari langsung dan tingkat cahayanya tinggi.

Sumber: https://www.google.com/search?safe=strict&tbm=isch&sa=1&ei=

Sebelum merancang bangunan seorang perancang harus mempelajari keadaan alam di tapak tersebut, seperti sudut dan pergerakan matahari, kondisi langit, arah angin, iklim, dan sifat-sifat dari tapak tersebut. Setelah memahami keadaan tapak perancangan bangunan dapat dilakukan dengan mengsinkronisasi antara alam dengan bangunan. Jika bangunan sudah dirancang dan dibentuk sejalan dengan alam, maka unsur-unsur seperti pengudaraan dan pencahayaan akan mengalir dan berjalan denag baik. Maka dari itu, sebaiknya dipelajari faktor-faktor dalam bangunan yang perlu disesuaikan dengan keadaan alam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *