Cara membuat pencahayaan alami di rumah

Pencahaan adalah salah satu elemen penting dalam ruangan. Karena indra manusia  yang paling dominan adalah penglihatan. Kita tumbuh besar dengan kesadaran penuh akan pencahayaan di sekitar kita, baik alami maupun artifisial.

Pencahayaan juga penting dalam arsitektur dan desain interior. Karena jika kita memiliki pencahayaan yang cukup, dapat kita menikmati keindahannya dan pencahayaan juga  penting untuk menciptakan skala ruang, memberikan sensasi dan suasana sebuah ruang, dan menghasilkan ruang-ruang fungsional di tempat tinggal kita.

Sumber gambar : http://majalahasri.com/mengenal-inner-court-taman-dalam-ruang/

Arsitek dan desainer memutuskan rencana pencahayaan berdasarkan kebutuhan ruang individu dan bagaimana menjaga keseimbangan untuk mencapai efek tertentu. Berikut adalah beberapa trik keren yang layak dipertimbangkan untuk mengatur pencahayaan sahabat alita.

  1. Sumber cahaya tersembunyi

Pencahayaan ruangan memiliki beberapa sudut pandang yang tersembunyi yang bersifat menonjolkan bentuk atau struktur arsitektur dan menambah efek timbul yang bagus. Untuk ruangan kecil pertimbkankan pencahayaan dari bagian atas atap rumah yang dapat membuat pencahaayaan yang dramatis yang ditimbulkan oleh Cahaya sekitarnya. Anda bisa menggunakan alternatif tabung surya (solar tube) yaitu solusi pencahayaan alami yang inovatif berupa pipa cahaya yang terhubung ke atas untuk memasukkan cahaya matahari alami ke dalam rumah. Solusi ini menghemat biaya listrik dan cukup mampu menerangi bagian gelap di dalam rumah.

  1. Penggunaan jendela bovenlight atau bukaan pada dinding atas juga dapat menghasilkan efek dramatis ini. Bovenlight berfungsi sebagai ventilasi yang lebih sederhana dibandingkan dengan jendela.
  2. Pola pencahayaan beraturan

Pencahayaan pada pola grid adalah pendekatan umum dan sangat praktis ketika hierarki cahaya diperlukan atau pada pengerjaan ruang tamu interior. Gunakan pendekatan lebih berani yang menghasilkan efek dramatis yang luar biasa. Namun, berhati-hatilah untuk menggunakan pendekatan ini karena dengan salahnya pola pencahayaan dapat membuat tata cahaya tampak kacau dan berantakan.

 2. Desain custom

Paduan bahan tembus cahaya dengan sumber cahaya akan menciptakan tampilan yang unik. Anda bisa menambahkan panel resin tembus cahaya dan backlighting untuk menciptakan karya seni yang memancarkan cahaya. Backlighting adalah pengaturan cahaya dari belakang objek. Teknik ini memberikan aksentuasi pada objek, misalnya untuk memunculkan siluet, memancarkan cahaya pinggir yang mempesona, dan menonjolkan objek.

 3. Tata cahaya ala museum

Pikirkan rumah Anda sebagai galeri seni dan aturlah pencahayaan khas museum. Anda bisa menggunakan teknik sidelight, downlight, atau frontlight untuk menciptakan sensasi tak terduga dan sangat dramatis. Akan lebih dramatis lagi apabila efek pencahayaan itu menerangi dinding bertekstur kayu atau batu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *