3 aturan dasar pencahayaan

Pencahayaan sangat penting dalam arsitektur dan desain interior. Pekanbaru termasuk kota dengan tingkat pencahayaan yang cukup terang. Karena jika kita memiliki pencahayaan yang cukup, dapat kita menikmati keindahannya dan pencahayaan juga  penting untuk menciptakan skala ruang, memberikan sensasi dan suasana sebuah ruang, dan menghasilkan ruang-ruang fungsional di tempat tinggal kita.

Jika kita tidak memperhatikan pencahayaan, banyak kerugian yang akan kita rasakan. Seperti ruangan menjadi gelap, warna interior jadi tidak keluar auranya, ruangan terlihat seperti jelek karena kurang pencahaayan yang masuk, dapat membuat mata kita kesulitan membaca atau memandang jika kita tidak memikirkan pencahayaan dalam interior, Misalnya jika kita mengkonsep sebuah ruangan cafe. Pencahaayan tentunya salah satu factor penting adalah dalam membuat Susana cafe menjadi hangat dan nyaman untuk ngobrol bersama teman, keluarga maupun pasangannya.

Kebanyakan konsep pencahayaan yang berhasil menggunakan kombinasi dari tiga jenis pencahayaan: ambient, fungsi, dan aksen. Dengan mengatur ketiga aspek tersebut dalam proporsi yang berbeda, Anda dapat mencapai hasil yang profesional.

  1. Pencahayaan ambient. Penerangan umum dalam sebuah ruang disebut cahaya ambient. Meskipun pencahayaan fungsi dan aksen berpengaruh pada pencahayaan ambient, cahaya ambient mengatur tingkat cahaya dominan dan suasana dalam ruang. Pada gambar di bawah, sebagian besar cahaya ambient berasal dari dinding kaca besar, didukung dengan jendela bovenlight yang terletak di bagian atas dinding. Suasana ini sangat meneduhkan dengan kontras antara dinding eksterior yang cerah dan interior lebih dingin dan remang-remang.

ambient - interior pekanbaru

Sumber gambar  : https://www.rumah.com/berita-properti/2016/3/118851/skylight-solusi-modern-menghemat-listrik-di-rumah

2. Pencahayaan fungsi. Pencahayaan fungsi lampu di disekitar jendela yang hanya membantu pencahayaan alami yang menerangi ruangan. Meskipun cahaya itu berpengaruh pada cahaya ambient, namun hanya sebagai tambahan. Cahaya ini juga membantu membagi ruang tamu dan ruang istirahat.

interior pekanbaru
Sumber gambar : https://www.dekoruma.com/artikel/74120/memaksimalkan-pencahayaan-ruangan

3. Pencahayaan aksen. Lampu buffet berfungsi sebagai aksen yang menonjol di area dinding di dekatnya. Mengatur lampu ini beserta dua jenis lampu lainnya menciptakan unsur gelap dan terang dalam ruangan dan memperkuat seluruh konsep interior yang meneduhkan.

interior pekanbaru

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *